Kategori
Supervisi Uncategorized

Style MSWord

Style MSWord sangat bermanfaat. Apa sih style MSWord itu? Bagaimana membuat, mengubah dan pemakaiannya? Ikuti diskusi ringan ini tentang style msword dan penggunaannya …

style msword
style msword

Mengenal Style MSWord

Menggunakan msword bagi penulis tidak lebih hanya sekedar memenuhi tuntutan tugas yang memerlukan olak-alik kata. Oleh karena itu sejujurnya saya tidak begitu menguasai penggunaan aplikasi MSWord ini. Namun pada suatu saat luang ada juga muncul pertanyaan … mengapa disediakan Styles … pasti ada maksud dan tujuannya hingga suatu saat mempraktekkan sendiri dan asyik. Hingga sekarang sudah cukup sering admin menggunakan Style MSWord.

Style atau styles menurut translate nya google bisa diartikan gaya atau corak model. Sedangkan kita tahu MSWord adalah aplikasi pengolah kata sehingga style msword dapat kita maknai gaya atau corak model penulisan kata. Tampak pada contoh yang tertera pada gambar di atas. Secara default instalasi … ada berbagai style yang sudah terpasang seperti Header secara bertingkat 1 Header 2 dst, style normal, style list dan lain-lain. Banyak dari kita yang tidak memanfaatkan style default ini karena gaya atau corak model nya tidak cocok dengan keperluan umum kita seperti font New Times Roman atau Arial. Supaya sesuai dengan keperluan kita maka kita perlu membuat sendiri style.

Membuat Style Baru

Sebagai persiapan Penulisan Best Practice kita akan membuat style Heading_Bab, Langkah-langkah membuat style baru adalah sebaga berikut:

Kllik pada New Style (ikon kiri bawah) sehingga muncul menu dialog Create New Style. Name diisi dengan nama style yang kita buat. Style type biarkan tetap paragraph. Style based on pilih Heading No 1. Di bawah isian tersebut tampak pemformatan yang muncul secara default merujuk pada posisi kursor saat itu. Kita bisa mengatur format dari ikon2 yang nampak, atau secara lebih lengkap pada tombol Format di bawah. Sesudah semua pengaturan dan formating selesai, Klik Ok.

style msword
dialog membuat style msword baru

Memakai Style Buatan Kita

Pemakaian style baru yang kita buat caranya sangat mudah. Semua teks yang diberi style yang sama akan memiliki format tulisan yang seragam. Jika format style yang dikenakan diubah maka otomatis perubahan diterakan pada seluruh teks yang formatnya sama tersebut. Hal ini tentu menghemat waktu mengatur format secara manual.

Keuntungan menggunakan style

Penerapan style sangat membantu dan praktis. Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapat dan inilah yang membuat penulisan best practice menjadi lebih cepat mengubah dan merapikan. Keuntungan yang penulis maksud sekurang-kurangnya :

  1. proses editing best practice lebih cepat dan tingkat kerapian terstandar.
  2. judul bab, sub bab dan list yang berupa header akan dapat dimasukkan sebagai unsur daftar isi secara otomatis dan uptudate berikut nomor halamannya. Otomatis yang dimaksud hanya dengan memberi perintah / tombol.

Sekurang-kurangnya dua keuntungan itulah yang sangat membantu. Tentu ada keuntungan lain yang dapat kita temukan di kesempatan lain. Ok. Demikian diskusi ringan … Mengenal Style MSWord … semoga menginspirasi …

Author Profile

Endarta
EndartaPenulis
Dilahirkan di Sleman DIY
Alumni
SD Petinggen 2 Yogyakarta
SMP Negeri 6 Yogyakarta
STM Pembangunan Yogyakarta
FPTK IKIP Yogyakarta Pendidikan Teknik Elektronika
MST / MTS / METSI Universitas Gajah Mada Yogyakarta
Master Trainer Pedagogic Program MONE - ITE Singapore
Pemenang ke 2 Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional 2019 Jenjang SMK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *