Categories
Supervisi teknologi informasi dan komunikasi

Nomor Halaman Berbeda MSWord

Nomor halaman berbeda diterapkan pada karya ilmiah. Nomor halaman berbeda tampak pada disertasi, tesis, skripsi, laporan penelitian, karya ilmiah, best practice dll. Bagaimana membuat nomor halaman berbeda pada MSWord?

Nomor halaman berbeda diterapkan pada karya ilmiah. Nomor halaman berbeda tampak pada disertasi, tesis, skripsi, laporan penelitian, karya ilmiah, best practice dll. Bagaimana membuat nomor halaman berbeda pada MSWord?

Contoh Nomor Halaman Berbeda

nomor halaman berbeda
nomor halaman berbeda

Nomor halaman berbeda sudah menjadi standar penulisan karya ilmiah. Setidaknya sepengetahuan penulis seperti pada penulisan best practice. Nomor halaman dibuat agar memudahkan pembaca mengakses isi karya tulis dengan mudah dan cepat. Aturan yang lazim ialah (1) Bagian pendahuluan biasanya menggunakan angka romawi kecil ditulis di bagian bawah tengah. (2) Bagian isi yang meliputi bab-bab pembahasan menggunakan nomor halaman dengan angka arab. Pada awal bab nomor halaman diletakkan di bawah tengah halaman sedang lanjutannya diletakkan di atas kanan halaman. Sebagian rekan masih ada yang belum biasa (kalau bisa nya pasti bisa) menerapkan aturan penulisan seperti itu menggunakan MSWord. Akibatnya seringkali karya tulis yang seharusnya satu file kemudian dipisah-pisah menjadi beberapa file.

nomor halaman berbeda
nomor halaman berbeda

Membuat nomor halaman mungkin dapat dilakukan dengan beberapa cara. Namun admin hanya bisa yang berikut ini saja …

Fitur penunjang pada MSWord

Nomor halaman berbeda dapat kita buat menggunakan MSWord. Untuk melakukan hal ini kita perlu sedikit lebih jeli lagi mengenali fitur penunjang yang tersedia pada MSWord. Fitur pembuatan nomor halaman khususnya berada pada kelompok fitur header dan footer. Namun pengaturannya berkaitan juga dengan kelompok perintah pada Page Layout khususnya pada Insert Page dan Sections Break.

Insert Page sudah admin sarankan digunakan pada penambahan halaman (walaupun masih kosong) pada postingan Penulisan Best Practice. Nah untuk melengkapi uraian pembuatan nomor halaman berbeda kita akan menggunakan dokumen yang diilustrasikan pada postingan penulisan best practice tersebut. Admin berasumsi pembaca mencoba contoh yang disarankan tersebut atau bisa menyesuaikan dengan contoh dokumen anda sendiri.

Seperti diketahui bagian pendahuluan biasanya menggunakan nomor halaman angka romawi kecil dan bagian isi menggunakan nomor halaman dengan angka arab. Nah … kedua bagian ini perlu dipisahkan dengan memberi tanda Section Break > Next page (karena harus ke halaman baru). Setelah pemberian tanda ganti section dan sekaligus ganti halaman ini barulah pemberian nomor halaman dapat diterapkan.

Nomor halaman sejenis maupun tidak sejenis peletakannya di tempatkan pada bagian header atau footer halaman. Karena itu fitur lain yang perlu pembaca cermati adalah fitur atau kelompok perintah ini. Peletakan nomor halaman di bagian atas berarti ditempatkan pada header sedang peletakan di bawah halaman berarti berada pada footer.

Langkah membuat nomor halaman berbeda

Nah … sekarang tiba saatnya kita praktekkan persiapan dan pemberian nomor halaman ini. Dokumen kerangka penulisan best practice yang sudah ditambahkan halaman kosong seperti pada postingan penulisan best practice terdiri atas 18 halaman. Bagian awal nantinya harus bernomor angka romawi kecil dan bagian isi dengan angka arab. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Tempatkan kursor pada posisi paling kiri dan paling atas sebelum huruf B pertama pada halaman BAB 1, berikan perintah Page Layout > Breaks > Section Break Next Page
  2. Hasil perintah tersebut pada halaman sebelumnya muncul tanda garis putus-putus <Section Breaks Next Page>
  3. Pindahkan kursor halaman sebelum halaman judul
  4. Insert, Page Number, Format Page Number
  5. Tentukan Number format : angka romawi kecil , Start at : i , OK
  6. Insert, Page Number, Bottom of page/Plain Number 2
  7. Dari langkah 6 di atas, Close Header Footer
  8. Dari halaman judul dengan Backspace hapus halaman kosong sehingga halaman judul menjadi halaman i dan halaman sebelum BAB 1 adalah halaman viii.
  9. Pindahkan kursor ke awal BAB 1 untuk membuat nomor halaman dengan angka arab. Pada judul bab nomor halaman diposisikan di bawah sedang halaman lanjutannya diposisikan di atas.
  10. Insert, Page Number, Format Page Number
  11. Tentukan Number format : angka arab , Start at : 1 , OK
  12. Insert, Page Number, Top of page / Plain Number 3
  13. Klik Different first page dan matikan Link to previous
  14. hapus no halaman awal bab di bagian header kemudian pindah ke footer beri nomor halaman
  15. Lakukan hal serupa pada halaman bab-bab selanjutnya …

Nah … dengan sedikit tambahan kejelian … pasti bisa diselesaikan pemberian nomor halaman berbeda ini. Ok … begitu dulu … posting berikutnya dapat kita lanjut pada pembuatan Daftar Isi Otomatis / mudah diupdate. Semoga menginspirasi ….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *